Apa yang dimaksud, Bandwidth, Bit, Hertz, Streaming

  • Bandwindth adalah lebar kapasitas jalur data. Kemampuan maksimum hardware untuk menyalurkan informasi dalam satuan bit untuk jalur lebar digital, dan Hertz untuk jalur lebar analog. Istilah bandwidth juga dapat diartikan sebagai lebar frekuensi antara batas teratas dan terbawah dari sebuah frekuensi  gelombang transmisi. Dalam internet, banwidth biasanya dihitung berdasarkan jumlah Bit data yang diangkut dalam satu detik ( bits per second )
    .
  • Bit adalah sebutan ringkas untuk binary digit atau dalam bahasa indonesia disebut angka biner. Bit merupakan unit terkecil dari sebuah data di komputer. Satu bit terdiri dari satu angka biner 0 atau 1. Walaupun komputer dapat menjalankan dan dapat memanipulasi bit , tetapi saat ini komputer dirancang untuk menanggani dan menyimpan sekumpulan bit yang dinamakan byte. dalam sebagian besar sistem komputer,1 byte terdiri dari 8 bit. Hertz disingkat Hz Unit SI untuk frekuensi. Kata hertzi pilih untuk menghargai jasa Heinrich Rudolf. Hertz atas kontribusi dalam bidang elektromagnetisme. Nama ini digunakan oleh IEC pada tahun 1930, dan diadopsi oleh CGPM pada tahun 1960 untuk mengantikan istilah lama untuk satuan gelombang perdetik , yakni cycles per second (cps). 1 hertz pada dasarnya berarti 1 gelombang prdetik. Unit ini dapat digunakan untuk mengukur apa saja yang periodik. Contoh gerak jam adalah 1 Hertz.

  •  Streaming adalah teknologi yang mampu mengompresi atau menyusutkan ukuran file audio dan video agar mudah di trasfer melalui jaringan internet . Pentrasferan  file audio dan video tersebut dilakukan secara “stream” alias terus menerus dari sudut pandang prosesnya streaming berarti sebuah teknologi pengiriman file dari server ke client melalui jaringan packet - based semisal internet. File tersebut berupa serangkaian paket time – stamped yang disebut stream. Cukup sampai disini dulu semoga bermamfaat…….


EmoticonEmoticon

Mengatasi Printer yang tidak Terbaca Ms. Excel

Pernahkah Laptop Anda bermasalah?, sehingga Windows tidak dapat mendeteksi salah satu jenis printer,  akan membagi ulang tips ya...