Informasi DNS Server, IP address dan getway

Pada zaman sekarang ini banyak sekali kantor-kantor dan perusahaan yang mempunyai koneksi internet. Biasanya setiap kantor/instansi tersebut menghubungkan komputer karyawannya ke internet melalui jaringan, baik kabel maupun wareless.

Jika di kantor anda telah memiliki jaringan dan terhubung ke internet, mungkin anda pernah mengalami masalah terputusnya hubungan komputer dengan internet, sedangkan jaringan (LAN) berjalan dengan baik. Mungkin salah satu masalahnya adalah tidak tercantumnya DNS pada komputer.

Kadang DNS tersebut telah diberikan oleh Admin di kantor anda, kadang sang Admin merahasiakan DNS tersebut, sehingga anda kesulitan untuk menyelami dunia maya.

Dengan trik berikut ini kita dapat megetahui informasi-informasi tentang komputer kita, diantaranya physical address, IP address, getway dan DNS server.

Caranya : klik Start-Run
pada kotak dialog tersebut ketikkan cmd

Maka akan muncul command promt.

pada c:\ pompt tersebut ketikkan ipconfig /all

Seperti gambar di bawah ini:

New Picture (16)

Sekarang anda sudah bisa melihat informasi penting tentang komputer dan jaringan di komputer anda. Selamat mencoba.

4 komentar

saya punya masalah dikit ni mas,, bisa bantu saya?
gini saya buat DNS..dengan nama redeupterang.com (Hanya uji coba) active directory saya tidak konek ke DNS saya...
saat dr WEB SERVER mencoba www.redupterang.com bisa tapi saya tak bisa...
DNS saya dengan ip 192.168.30.2
z gunakkan perintah nslookup di command prompt. tapi tak bisa untuk menampilkan server apa yg saya gunakan???
nah yg mau saya tanyakan mass bisa bantu saya bagaimana sampe bisa kembalikan nama DNS itu kembali?? Trima kasih banyak sebelumnya

makasih mas shared ilmunya,
walau dasar banget cmd nya,
bagaimana klo pake router trus set dmz trus set ap tiap lantai kantor? bagaimana mas ...

paoto oton do ho
ngana dong nida DNS nai setan !!!!!


EmoticonEmoticon

Mengatasi Printer yang tidak Terbaca Ms. Excel

Pernahkah Laptop Anda bermasalah?, sehingga Windows tidak dapat mendeteksi salah satu jenis printer,  akan membagi ulang tips ya...