Memperbaiki Komputer Restart Saat Booting

Dalam artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang beberapa penyebab dan cara memperbaiki komputer yang tidak bisa booting. Untuk melengkapi artikel tersebut kali ini saya akan membahas dari sedikit pengalaman saya kemaren tentang cara memperbaiki komputer yang restart saat booting menggunakan windows xp recovery console.


Oh ya, bagi temen-temen yang belum mengetahui apa itu windows xp recovey console bisa membaca postingan saya tentang
mengakses windows xp recovery console, windows xp recovery console command line dan cara memperbaiki kerusakan windows dengan recovery console, mudah-mudahan pembahasan beberapa artikel tersebut bisa memberi sedikit gambaran tentang windows xp recovery console.

Baiklah, untuk kasus yang saya temui kemaren adalah komputer merestart sesaat setelah booting atau start up komputer sehingga tidak bisa masuk ke proses selanjutnya yaitu start up windows xp. Untuk kasus tersebut biasanya terdapat kerusakan pada master boot record, boot sector atau pada file structure hardisk. Berikut cara saya memperbaikinya menggunakan windows xp recovery console:

  1. Set BIOS agar komputer melakukan first boot melalui cd/dvd rom.
  2. Masukan CD setup Windows XP, dan biarkan proses start up berjalan dari CD
  3. Setelah muncul tampilan "Welcome to setup" seperti gambar dibawah, tekan tombol "R" untuk mengakses windows xp recovery console

    windows-xp-recovery-console
  4. Untuk memperbaiki partition boot sector yang rusak ketikan perintah: fixboot C:
  5. Untuk memperbaiki master boot sector (mbr) yang rusak ketikkan perintah: fixmbr
  6. Untuk memperbaiki bad sector, lost clusters, cross-linked files, dan directory errors yang rusak ketikkan perintah: chkdsk C:
  7. Selanjutnya, untuk keluar dari recovery console ketikkan perintah: exit

Demikianlah cara saya memperbaiki komputer yang terus merestart saat booting menggunakan windows xp recovery console. Biasanya kerusakan tersebut disebabkan adanya power failure yang mengakibatkan kerusakan pada hardisk. Selamat mencoba semoga berhasil.. :)


EmoticonEmoticon

Mengatasi Printer yang tidak Terbaca Ms. Excel

Pernahkah Laptop Anda bermasalah?, sehingga Windows tidak dapat mendeteksi salah satu jenis printer,  akan membagi ulang tips ya...